Tips Ngeblog Santai Tapi Kece

Ngeblog Santai Tapi Kece



Sebagai seorang bloger pemula, kadang setelah membuat blog, kita akan bersemangat untuk selalu membuat artikel, dan selalu memeriksa statistik blog kita, setiap hari bahkan mungkin setiap jam. Merupakan suatu hal yang wajar karena kita selalu memiliki semangat yang lebih ketika baru memiliki sesuatu. 

Namun, tidak jarang pula banyak bloger yang merasa putus asa karena blog nya tidak kunjung ramai, atau bisa juga karena kehabisan ide untuk konten yang akhirnya membuat seorang bloger mengabaikan blog yang dimilikinya. Hal ini saya rasakan juga, sejak tahun 2008 sampai saat ini, ada sekitar 8 blog yang pernah saya buat, namun sampai saat ini saya hanya aktif merawat 2 blog, salah satunya blog ini, yang terbilang masih sangat baru.

ngeblog santai tapi kece

Karena penasaran, saya mencoba mencaritahu apa sebenarnya yang bisa menjaga semangat kita sehingga lebih konsisten ngeblog seperti bloger-bloger sukses lainnya. Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, ternyata hanya perlu melakukan beberapa tips sederhana.



Abaikan Statistik

Mengabaikan statistik mungkin bukanlah sesuatu yang gampang dilakukan oleh kita, apalagi saat kita sedang semangat memulai ngeblog. Maksud dari abaikan statistik disini adalah agar kita jangan terlalu memikirkan berapun statistik yang kita miliki saat ini. Saat awal memiliki blog, sudah pasti kalau blog kita akan sepi, jadi jika anda baper dengan statistik yang ada sekarang, bisa dipastikan anda akan kehilangan motivasi. Percayalah akan ada saat dimana anda bersyukur bebera artikel pertama anda memiliki sedikit audience, karena semakin anda sering menulis di blog, anda akan semakin terlatih dalam penggunaan tata bahasa, juga pendalaman materi dan lain-lain, sehingga ketika anda kembali membaca artikel-artikel lama, pasti akan senyum-senyum sendiri ketika memperhatikan kesalahan-kesalahan pemula yang kita buat dulu, dan pasti kita akan bersyukur hanya sedikit audience pada artikel tersebut.


Jangan Terlalu Dibebani Aturan

Banyak dari kita sebelum memulai membuat blog akan lebih dulu mencaritahu bagaimana cara ngeblog yang baik, bagaimana cara menulis artikel yang baik, bagaimana membuat blog yang SEO banget, dan macam-macam "bagaimana" yang lain. Keindahan ngeblog adalah anda dapat melakukan apa yang anda mau, anda bebas mau menulis apa saja baik sesuatu yang anda kuasai, maupun informasi-informasi baru yang anda dapatkan. Jika anda ngeblog dengan tujuan untuk moneytizing mungkin poin ini tidak relevan dengan anda, tapi jika anda ngeblog karena anda suka menulis, suka berbagi informasi, atau memang memiliki passion, maka sebaiknya anda tidak terlalu membebani diri dengan aturan-aturan seperti bahasa yang anda gunakan (jadilah diri sendiri), membuat konten yang harus viral, SEO, dan lain-lain. Semakin terbiasa ngeblog, maka semuanya akan secara alami kita pahami, dan dapat kita terapkan. Jadi intinya "Let it Flow". 



Jangan Fokus Terhadap Hasil

Poin ini yang sering dilakukan oleh bloger yang memulai ngeblog karena terinspirasi oleh kalimat ajaib "Menghasilkan Uang Lewat Blog", banyak buku-buku dan artikel-artikel yang menggunakan kalimat ajaib ini, sehingga banyak pula orang yang terhipnotis membuat blog dengan fokus hanya kepada objek kalimat ajaib tersebut yaitu "uang" sehingga ketika kita menghadapi realita bahwa ada banyak proses panjang dan berliku yang harus dihadapi, membuat kita kehilangan gairah dan mengabaikan blog kita. Saya sendiri dulu terhipnotis oleh kata-kata ajaib itu. Jadi sebaiknya santai saja dan percaya hal baik (uang) akan mengikuti.

Tulislah Apa Yang Ingin Anda Baca

Pusing memikirkan artikel berikutnya yang harus kita tulis adalah hal yang biasa kita alami, tapi jangan sampai ini membuat kita merasa terbebani dan akhirnya merontokan semangat kita. Santai saja, banyak ide artikel yang bisa kita temukan dari kegiatan berselancar kita di dunia maya. Misalnya saat sedang browsing sana sini, kita melihat ada artikel menarik yang menggugah keinginan kita untuk membaca, nah itu merupakan satu sumber ide terbaik, kita bisa mencari beberapa artikel dengan pembahasan yang sama, bendingkan kelebihan dan kekuranganya, kemudian buatlah artikel anda sendiri dengan merangkum poin-poin terbaik dari artikel-artikel yang tadi anda bandingkan. Ingat, merangkum bukan berarti mengambil mentah-mentah isi artikel kemudian hanya mengganti kata-kata dan posisi poin-poin yang ada di artikel sumber, tapi anda harus memastikan artikel anda adalah yang terbaik karena mennyajikan informasi yang lebih lengkap hasil penggabungan dari beberapa artikel tadi. Yakini saja apa yang ingin anda baca, pasti ingin dibaca oleh orang lain juga.

"Ngeblog Jangan Baper"

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Tips Ngeblog Santai Tapi Kece"

  1. benar sekali gan tipsnya. terimakasih gan semoga dengan ini dapat membuat saya tetap semangat untuk ngeblog. (Blogeza)

    ReplyDelete
  2. sepakat mas. Melototin terus statistik malah bikin kecewa. mending nyantai aja, kalo emang ada hal bagus untuk ditulis ya tulis aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pengalaman saya berthaun-tahun juga gitu.. itu malah bikin saya jadi malas dan akhirnya tidak mengurus blog saya.

      Delete
  3. Bener banget mas, kadang saya juga suka ngerasa terbebani karena harus update artikel yang sesuai dengan beberapa aspek aturan yg saya baca di internet,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga gitu, sampai akhirnya memutuskan lebih baik santai saja, nulis yang ingin dibaca dan dapat mengikat pembaca.

      Delete

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL