Tips Agar Tampilan Blog Menarik dan Menyenangkan Bagi Pengunjung

Tips Agar Tampilan Blog Menarik

Artikel kali ini sengaja sih saya mengangkat topik yang paling mainstream ini. Sudah ratusan blogger diluar sana yang membahas topik ini, dengan bermacam tips. Namun dalam artikel kali ini saya akan mengangkat topik ini lagi dengan sedikit lebih memperhatikan User Experience.

Kebetulan dengan sedikit basic sebagai grafis desainer yang sedikit mengerti tentang User Interface dan User Experience, saya akan memberikan sedikit tips agar tampilan blog menarik dan membuat betah pengunjung.

Simple

Ini adalah tips paling mainstream yang suda sering dibahas di blog-blog lain, tapi juga yang paling sering diabaikan oleh banyak blogger. Apa susahnya simple?? beberapa waktu lalu di salah satu grup blogger ada orang bertanya "Saya baru membuat blog, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?" ada berbagai macam komentar, salah satunya memberikan saran untuk mempercantik blog dengan macam-macam widget kalender, visitor counter, juga Music. Menurut saya itu semua sampah. untuk apa kalian menampilkan kalender di blog? sudah ada hp, jam, bahkan komputer yang sudah bisa menunjukan tanggal. Visitor counter? saya rasa ini tidaklah penting untuk blog yang baru, karena blog baru tentu saja pengunjungnya masih seidkit, jadi untuk apa kita memamerkan pengunjung yang masih 1 digit atau maksimal 2 digit? gunakan visitor counter hanya pada saat blog anda sudah memiliki traffic yang tinggi, untuk meyakinkan headhunter job review menggunakan jasa anda. Music jujur saya menganggap yang satu ini benar-benar sampah yang sebaiknya tidak pernah anda pasang di blog anda, untuk apa kita memasang music di blog kita? apa kalian yakin sesuai dengan selera music pengunjung? music yang anda pasang pasti anda sesuaikan dengan selera anda sendiri bukan? Belum lagi ketika pengunjung sedang di kantor, atau perpustakaan, yang mencari informasi dan kebetulan membuka blog anda tiba-tiba dikejutkan dengan alunan music yang muncul dari blog anda.
Selain itu, semua sampah tadi hanya akan membuat blog anda lebih berat ketika dibuka, dan tentu saj amempengaruhi SEO blog anda, jadi sebaiknya tidak perlu menghias blog berlebihan, karena pengunjung mampir ke blog anda untuk mendapatkan informasi, bukan untuk menikmati keindahan blog anda.

Gunakan Background Polos / Putih

Banyak blogger beranggapan semakin menarik gambar backgrund di blog nya, maka pengunjung akan semakin suka. Ini satu pikiran yang salah, berdasarkan beberapa sumber tentang UI/UX yang pernah saya baca sebaiknya bagian tengah website (bagian yang berisi materi informasi) memiliki background yang polos (tidak bertekstur, tidak bergradasi yang kontras, tidak bergambar).


Saat membuka website fokus pengunjung akan langsung terarah ke tengah website (area yang berisi informasi) berikutnya baru mereka akan memperhatikan keseluruhan website jika mereka tertarik atau ingin mencari informasi lain di website/blog kita. Oleh karena itu kesan pertama saat pengunjung menjatuhkan pandangan pada area fokus, haruslah membuat nyaman, dengan informasi yang disajikan dengan posisi yang baik, juga dengan tampilan background yang tidak melelahkan mata. Ingat website/blog adalah tempat anda memberikan informasi, bukan mengekspresikan diri. Kendalikan ego anda, lebih fokus terhadap pengunjung website/blog anda. Dengan menggunakan background polos / putih, serta tulisan yang kontras dengan background, akan membuat pengunjung dapat menerima informasi yang anda sampaikan dengan baik, mata tidak lelah, dan bukan tidak mungkin merekomendasikan blog /website anda.

Maksimal 3 Warna

Penggunaan warna konsep dalam website/blog juga menentukan keterikatan dengan pengunjung. Menurut pendapat saya, website/blog yang baik sebaiknya sebisa mungkin hanya menggunakan 3 warna (putih tidak termasuk). Tapi penerapan konsep tiga warna pun tidak serta merta asal-asalan, sebaiknya gunakan warna yang masih dalam satu rumpun misalnya light red, dark red, dan maroon, atau warna yang berbeda, tapi sebaiknya gunakan warna pastel ketika ingin menggunakan tiga warna yang berbeda rumpun, agar lebih sejuk di mata pengunjung.

Alur Kiri Ke Kanan

Maksudnya adalah susun layout blog/website kita dengan memprioritaskan Informasi di sebelah kiri. Gampangnya begini, sebaiknya hindari menggunakan sidebar di sebelah kiri, karena rata-rata orang membaca dari kiri ke kanan, sehingga fokus pandangan yang jatuh pertama kali adalah di sebelah kiri. Jadi sebisa mungkin letakan sidebar hanya disebelah kanan, agar memudahkan pengunjung mendapat informasi dengan lebih cepat. 

Navigasi Yang Jelas

Pastikan navigasi blog/website anda mudah ditemukan oleh pengunjung. Jangan pernah anda meletakan navigasi di lokasi yang menyebabkan pengunjung harus membuang beberapa detik untuk menemukannya. Hal ini beberapa kali saya temukan dalam website/blog yang sengaja meletakan navigasi ke halaman-halaman utama dalam blog/websitenya di footer. Pengunjung terbiasa menemukan navigasi utama di Header atau diatas area fokus, otomatis yang pertama dilakukan untuk mencari navigasi adalah melirik keatas, dan jika tidak ketemu pengunjung harus mencari-cari lagi. Hal ini tentu saja mengurangi user experience, karena pengunjung harus membuang beberapa detik lagi untuk scrool kebawah hanya untuk menemukan link navigasi ke halaman-halaman utama.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Tips Agar Tampilan Blog Menarik dan Menyenangkan Bagi Pengunjung"

  1. mantap gan... saya setuju sekali dengan artikel ini...

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas informasinya ndan, saya kira untuk layout penjelasannya mudah dipahami. kalau untuk tips memilih kombinasi warna sendiri gimana ndan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mungkin untuk pemilihan warna agak kurang jelas, jadi seperti ini, misalnya saat membuat blog mas Wahyu ingin dominan warna biru. Maka sebaiknya mas Wahyu konsisten pada base color nya yaitu biru, sehingga kombinasi warna yang digunakan bisa (biru pastel, biru langit, dan biru dongker). Contohnya mungkin bisa dilihat di blog saya ini saya menggunakan base color red, warna yang saya gunakan (Red Rose, dan Red Wine).

      Sedangkan apabila mas Wahyu ingin lebih berwarna dengan tidak menentukan base color namun tetap menggunakan kombinasi 3 warna (misal orange, biru, dan merah) bisa diakali dengan penggunaan warna2 pastel (agar soft dan tidak terlalu kontras/norak). Tapi saran saya sih kalau memang ingin menggunakan warna yang berbeda sebaiknya kombinasikan hanya 2 warna yang berbeda contohnya (orange dengan biru pastel, untuk warna ketiga sebaiknya gunakan biru dongker) jadi 2 warna dari base color biru sedangkan warna ketiga menggunakan warna yang berbeda yaitu orange.

      Delete
  3. setuju, blog yang simpel dan minim warna lebih di sukai daripada blog yang tampilannya kyak pelangi dan ribet

    ReplyDelete
  4. setujuu gann .
    simple tapii elegannn, daripada bagus tapii berat loadingnya

    ReplyDelete
  5. mantap gan buat artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL