Bagaimana Menjadi Sukses Sebagai Freelancer

Freelancer adalah julukan untuk seseorang yang bekerja tanpa ikatan dengan suatu perusahaan, instansi maupun majikan, mungkin orang lebih mengenal dengan julukan pekerja lepas.



Sampai saat ini profesi sebagai freelancer masih belum terlalu diminati di Indonesia. Saya tidak heran, kurangnya minat menjadi freelancer kalau diperhatikan lebih karena tekanan sosial dari lingkungan sekitar, baik dari teman, tetangga, keluarga, bahkan orang tua masih beranggapan bahwa freelance bukanlah sebuah profesi yang layak dibanggakan.


Saya sendiri sampai saat ini masih merasakan bagaimana orang tua saya merasa khawatir dengan profesi saya sebagai freelance. Yah tidak bisa kita salahkan juga, karena memang orang tua akan merasa tenang ketika melihat anaknya bekerja dan memiliki pendapatan tetap setiap bulan nya.


Tanpa disadari keraguan dari orang-orang disekitar kita, dapat mempengaruhi keputusan kita dalam menentukan karir kita. Tidak jarang kita lihat fresh graduate berebut tempat di sebuah perushaaan. Namun saya yakin dianatara mereka pasti ada yang memiliki mimpi untuk bekerja mandiri, namun mereka harus rela melepaskan mimpinya demi memenuhi keinginan orang-orang disekitarnya.

Namun ada juga sebagian kecil orang yang tetap berani memegang mimpinya, meskipun kita sadari bahwa ada konsekuensi yang besar juga dibalik keputusan kita.

Freelance Mulai Dilirik Pekerja Muda

Saat ini perlu diketahui bahwa profesi freelancer semakin menarik bagi para pekerja muda, berdasarkan statistik yang dibuat oleh salah satu freelancer marketplace terbesar di Indonesia sribulancer.

Tips sukses sebagai freelancer


Masih berdasarkan survey yang dilakukan oleh sribulancer, didapati bahwa statistik freelancer di Indonesia masih di dominasi oleh pria dengan 72%, sedangkan freelancer wanita hanya 28%.

sukses sebagai freelancer

Sedangkan statistik berdasarkan usia dan pendidikan, bisa kita lihat bahwa pesona freelancer sudah mulai mendapat perhatian dari kaum muda yang didominasi oleh para sarjana muda.



Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik menjadi freelancer, kita harus menempatkan diri dalam persaingan.
Anda HARUS Berusaha!! Tidak ada hal baik yang diperoleh tanpa usaha.
Sebelum membahas tentang tips sukses sebagai freelancer, sebaiknya kita benahi dulu pola pikir kita. Seringkali terjadi kesalahpahaman tentang freelance, banyak orang yang berpikir freelance itu enak karena tidak harus kekantor, tidak harus absen, dan lain-lain.

Pahami dulu, menjadi freelance bukan berarti kita duduk di rumah dan pekerjaan akan mendatangi kita, kalau anda masih beranggapan seperti itu, anda tidak berbeda dengan pengangguran.

Menjadi freelance artinya kita harus lebih aktif mencari project, mencari peluang, menjaga kepuasan klien, memastikan terjadinya kesepakatan, dan lain-lain. Sadarkah anda bahwa itu semua jauh lebih berat daripada bekerja di kantor?

Contohnya begini, ketika bekerja di kantor, kita hanya akan menjadi salah satu bagian dari sebuah mesin besar, kita tidak perlu memikirkan bagaimana mencari project, mencari peluang, menjaga kepuasan klien, memastikan terjadinya kesepakatan, bahkan mengerjakan project secara bersamaan.

Sedangkan sebagai freelancer, kita harus mengerjakan semuaya sendiri, dan memastikan semuanya berjalan dengan baik, selain itu kita juga harus bertanggung jawab atas pekerjaan kita.

Apakah anda masih berminat menjadi freelancer?

Jika ya, mari kita lihat tips sukses sebagai freelancer berikut.


1. Siapkan Modal

Modal, satu komponen dasar yang harus dimiliki untuk memulai setiap usaha kita. Omong Kosong kalau ada yang berkata kita bisa memulai usaha tanpa modal. 

Modal sebaiknya jangan di asosiasikan dengan banyaknya jumlah uang yang ada.

Modal pada dasarnya meliputi, uang (meskipun hanya 10 ribu rupiah, kita bisa menggunakannya untuk membeli pulsa sehingga kita dapat memasarkan usaha kita, jadi 10 ribu juga termasuk modal), tenaga, waktu, dan Pikiran. Anda bisa membaca 4 modal utama freelance agar sukses.

Modal yang kita siapkan bertujuan untuk memasarkan jasa kita. 

Lakukan branding, buat logo untuk usaha anda, desain dan cetaklah kartu nama, buat brosur tentang jasa kita beserta semua keunggulan kita.

Buat website atau blog untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas. Oleh karena itu kita perlu sadari betul pentingnya memiliki website/blog untuk pelaku usaha.

2. Perkuat Personal Brand Dengan Social Media

Sebagai freelancer di era internet, kita harus memastikan untuk membuat jaring identitas agar mudah ditemukan oleh calon klien kita, dengan cara membuat banyak akun social media, untuk memperkenalkan brand kita.

Saya seorang profesional dibidang saya, bukan seorang social networker, jadi untuk apa saya membuat banyak akun sosial media hanya untuk promosi?? 

Jika pertanyaan ini muncul di kepala anda, kemungkinan anda belum memahami kekuatan dari the mighty internet.


Saya akan berikan sedikit gambaran tentang yang terjadi di internet dalam satu detik.



Data Source pada Sumber bersifat dinmis dan dapat berubah setiap saat.

Bagaimana mungkin kita mengesampingkan identitas online, jika kita mengetahui fakta diatas? Pastikan anda memperkuat brand anda dengan melibatkan Social Media. Terdapat banyak calon klien potensial yang bisa menjangkau kita melalui identitas yang kita sebarkan di beberapa social media.


Semakin banyak anda memiliki akun social media, semakin besar peluang anda dan jasa anda ditemukan di Internet.

Namun sebelum membuat identitas di internet, pastikan anda memiliki sebuah logo yang mampu mewakili brand anda.



Sebagai freelancer kita mewakili brand kita, begitu pula sebaliknya. Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk memperkuat brand saya.
  • Membuat Website
    Karena saya seorang grafis desainer dan website developer, berarti saya membutuhkan website untuk menampung portfolio saya, sekaligus mempromosikan jasa saya.
  • Membuat Akun LinkedIn
    Saya merasa perlu memiliki sebuah Curiculum Vitae online yang yang mampu menampung seluruh catatan profesional saya, sekaligus memungkinkan saya membangun koneksi dengan banyak profesional lain diluar sana. 

    Linkedin adalah salah satu media yang baik untuk memperkuat brand profesional anda. Selain itu, banyak profesional lain yang menggunakan linkedin, juga para headhunter perushaaan-perusahaan yang mencari calon pegawai nya melalui profil linkedin.
  • Membuat Akun di Showcase Site
    Bagi anda yang menjual jasa di bidang kreatif, Grafis desainer, website desainer, photographer, dan lain-lain, minimal buatlah akun di situs-situs yang menyediakan fasilitas untuk memamerkan karya anda. Contoh situs-situs tersebut adalah Behance, Dribbble, dan DeviantArt Kalau anda seorang yang menjual jasa sebagai content writer, ada beberapa situs yang mengijinkan anda untuk meninggalkan artikel anda, atau yang lebih simple lagi, silahkan saja anda membuat blog, semakin banyak yang menyukai konten dalam blog anda, semakin besar peluang anda mendapatkan project.

  • Memaksimalkan Instagram
    Metode ini yang baru saja saya terapkan, mengingat saya memiliki banyak portfolio hasil desain, maka saya baru-baru ini memanfaatkan instagram saya untuk memamerkan portfolio saya, saya merasa cukup senang, karena mendapat cukup banyak feedback.
  • Memanfaatkan Facebook dan Twitter
    Facebook dan twitter merupakan soscial media yang sudah lama saya miliki, sejak pertama kali memutuskan untuk menjadi freelancer, dua social media ini menjadi favorit saya untuk promosi, sampai saat ini pun saya masih sering menggunakan facebook untuk bergabung dengan grup-grup yang saya perkirakan merupakan tempat yang baik untuk mempromosikan jasa saya.
  • Aktif di Google+
    Saya sudah lama memiliki akun social media ini, namun sebelumnya saya sangat jarang mencoba penetrasi pasar ke G+. Namun dua bulan belakangan ini, saya mulai memanfaatkan G+ sebagai sarana saya mempromosikan blog saya, yah saat ini saya juga mencoba untuk serius menulis blog.

Tidak cukup sampai disitu, memperkuat brand bukan saja dilakukan secara online, pastikan juga kita memperkuat brand kita secara offline. 

Fasilitas nya adalah kartu nama, brosur, dan buku portfolio (sesuaikan dengan kebutuhan promosi anda). Fasilitas ini akan sangat berguna ketika anda sedang berkumpul bersama teman, rekan bisnis, saudara, dan komunitas.

Bergabunglah dalam komunitas lokal, karena membuka peluang anda untuk mengenal orang-orang baru, dan sudah pasti suatu saat ketika mereka membutuhkan jasa yang berhubungan dengan keahlian kita, maka mereka tahu harus menghubungi siapa.

Pastikan, ketika anda bertemu orang baru, anda memberikan kartu nama anda, hanya untuk memastikan dia akan menghubungi kita ketika membutuhkan jasa kita.


3. Membuat Jadwal Pribadi

Buatlah jadwal rutinitas anda, dan patuhilah.

Banyak yang mengira kehidupan freelance hanya mengalir seperti air, bisa bekerja kapanpun ia mau, bisa tidur kapanpun dia mengantuk. 

Perlu kita ketahui, kunci kesuksesan adalah kedisiplinan. Meskipun sebagai freelancer kita tidak terikat oleh aturan-aturan yang dibuat di kantor, atau oleh majikan, tapi ingatlah bahwa kita adalah pemimpin atas diri kita sendiri, jadi jangan pernah mengasihani diri sendiri atau berkompromi dengan jadwal yang sudah kita buat.

Saya sendiri menerapkan jadwal 8 jam Kerja, sama seperti jadwal kantor pada umumnya. Saya memulai aktifitas saya pada jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Dengan jadwal yang sudah dibuat, saya bisa lebih rapi menjalani kegiatan saya. Saat tidak ada project saya akan aktif menulis di blog seperti saat ini, sambil promosi di berbagai media sosial, juga melakukan bid pada freelancer marketplace, yang ini akan kita bahas pada poin selanjutnya.


4. Daftarkan Diri Anda Ke Situs Marketplace Frelancer

Langkah ini adalah langkah yang relatif mudah dalam memulai karir sebagai freelancer.

Dengan mendaftarkan diri ke situs marketplace freelancer, anda tidak perlu bingung dalam mencari project, karena melalu situs marketplace freelancer, anda akan dipertemukan denga calon klien anda. 

Namun yang perlu diketahui, untuk bisa mendapatkan klien melalui situs marketplace freelancer ini, anda juga masih harus bersaing dengan ribuan freelancer lain diluar sana.

Pastikan anda memiliki portfolio yang baik dan bisa anda tunjukan sebagai bagian dari proposal ketika anda melakukan bid terhadap suatu project.

Berikut beberapa tips untuk meyakinkan calon klien di merketplace freelancer:
  • Maksimalkan profil page anda untuk memperkenalkan diri anda, biasanya halaman profil di situs marketplace freelancer memungkinkan kita untuk menampilkan portfolio kita, maka tampilkan portfolio terbaik anda.
  • Saat melakukan Pitching (pesan yang anda kirim kepada project owner, untuk meyakinkan mereka menggunakan jasa anda) pastikan anda memperkenalkan diri dengan baik, jelaskan kemampuan anda yang dapat membantu project owner menyelesaikan masalahnya,  lampirkan link menuju portfolio terbaik anda, jika memungkinkan lampirkan pula portfolio book anda agar tampak lebih profesional, jelaskan kemampuan dan pengalaman anda, gunakan kata-kata yang mampu meyakinkan, namun jangan pernah berbohong tentang kemampuan anda.
Berikut ini daftar beberapa merketplace freelancer local maupun internasional yang bisa anda jadikan langkah awal anda menjadi seorang freelancer.

Lokal


5. Hadiri Event-Event Lokal di Daerah Anda

Manfaatkan event-event lokal di daerah anda sebagai sarana anda memperkenalkan kemampuan anda.

Maksudnya begini, saat menghadiri event, anda akan bertemu dengan banyak orang, gunakanlah kesempatan itu untuk anda memperkenalkan jasa anda. Selama tidak ada larangan anda untuk membagikan brosur maka gunakan kesempatan tersebut untuk membagikan brosur yang menjelaskan tentang usaha anda. 

Oleh sebab itu di awal tips saya memngingatkan anda untuk membuat sarana promosi offline seperti kartu nama, brosur, dan buku portfolio anda.

Fasilitas tersebut bisa anda manfaatkan untuk berpromosi dalam event-event seperti ini.

Saya sendiri sempat mencoba metode ini ketika Car Free Day di daerah saya, dari satu event itu saja, saya bisa mendapatkan feedback yang cukup baik.

Jika anda ingin meningkatkan peluang anda mendapatkan klien, silahkan pelajari artikel 3 Tips Menjual Ala Freelancer

Demikianlah beberap tips sukses sebagai freelancer. Tidak ada yang mudah, dan tidak ada hal baik yang akan datang tanpa kita berusaha.

Jangan pernah beranggapan bekerja sebagai freelancer berarti lebih santai, kita memang memiliki banyak waktu dan tidak terikat oleh aturan, tapi kita juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar.



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Bagaimana Menjadi Sukses Sebagai Freelancer "

  1. cocok nih gan, meski freelancer tapi tetep harus punya jadwal, biar gk nganggur akut :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Frrelancer gak nganggur loh mas, malah bisa dibilang lebih sibuk daripada pekerja kantoran.

      Delete
  2. Bener juga yang diungkapkan mas..
    Tapi jadi freelance itu sulitnya di awal-awal kayak menentang rasa malu, takut tertipu, takut nggak bisa dapat hasil, dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, diawal saya juga ngalamin itu, bukan bahkan untuk ketipu juga sudha pernah. tapi yah itu bisa dijadiin pelajaran sih, jadi sebaiknya ngalamin diawal daripada gak dpt pengalaman..

      Delete

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL