Pemasangan Iklan Dapat Mempengaruhi User Experience Pada Blog / Website Anda

Iklan Dapat Mempengaruhi User Experience Pada Blog / Website Anda


Artikel kali ini saya akan kembali mengangkat tentang pentingnya User Experience pada blog anda, untuk memaksimalkan dan meningkatkan loyalitas pengunjung terhadap blog anda. 

Pengunjung blog adalah orang-orang yang sangat membutuhkan informasi, oleh karena itu informasi yang anda sajikan harus bisa memenuhi kebutuhan pengunjung, apabila hal itu bisa kita lakukan, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan loyal kepada blog anda.

Sebagai seorang blogger kita pun tentu saja mengharapkan sesuatu dari blog yang kita kelola, sebagai timbal balik terhadap informasi-informasi yang sudah kita bagikan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi publisher iklan. Hal yang wajar jika sebagai bloger kita menginginkan agar blog kita dapat memberika penghasilan bagi kita.
Dalam artikel ini saya bukan akan membahas tentang bagaimana menghasilkan uang melalui blog, yang akan saya bahas adalah dampak dari iklan yang kita pasang di blog kita bagi para pengunjung , dan bagaimana dapat mempengaruhi loyalitas pengunjung terhadap blog kita.


Posisi

Pastikan iklan yang anda pasang berada pada posisi yang tepat untuk mendapatkan perhatian pengunjung namun tidak mengganggu pengunjung ketika menggali informasi dalam blog anda. Untuk penempatan posisi iklan sebaiknya jangan sampai menutup area fokus (tempat informasi yang anda berikan).

 Penjelasan Tentang Area Fokus Dapat Anda Lihat Disini

Jumlah Iklan Sewajarnya

Pastikan anda memasang iklan dalam jumlah yang sewajarnya disetiap artikel yang anda terbitkan dalam blog. Jika anda publisher Google Adsense, bisa kita ketahui bahwa google sendiri memiliki jumlah maksimal penayangan iklan dalam satu halaman, yang saya rasa masih masuk akal untuk diimplementasikan jika kita juga ingin memperhatikan tentang user experience. Pada artikel saya sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang area fokus yang sebaiknya polos dan tidak menggunakan background bergambar. Masih dengan konsep yang sama, untuk pemasangan iklan juga sebaiknya jangan terlalu berlebihan di area fokus, karena dapat menganggu konsentrasi pengunjung, apalagi iklan dalam bentuk gambar yang bergerak, tentu saja akan memberikan distorsi kepada pengunjung yang sedang boerkonsentrasi membaca informasi yang anda sajikan. Bijaksanalah dalam memasang iklan, jika tujuan anda adalah untuk membagikan informasi dan jika pengunjung merasa terbantu mereka pasti tidak akan keberatan untuk mengklik satu atau dua iklan yang kita tampilkan.

 Sebagai informasi bahwa manusia adalah  makhluk yang sangat tertarik dengan objek gambar, oleh sebab itu banyak advertiser yang  lebih senang beriklan menggunakan gambar daripada tulisan.

Berdasarkan informasi diatas maka masuk akal jika kita sebaiknya tidak terlalu banyak memasang iklan di area fokus, karena tentu saja akan memecah konsentrasi pembaca sehingga informasi yang anda sampaikan tidak diserap dengan baik oleh pembaca.

Jangan Menjadi Publisher Iklan Siluman

Mengingat kita berbicara dalam konteks user experience, maka saya dengan keras melarang anda menjadi publisher PopCash atau PopAds, atau apalah yang sejenis itu. Saya sering sekali menjumpai blog yang mempunyai informasi yang sangat bagus, namun saya sangat terganggu dengan adanya iklan siluman / iklan Banci yah saya sebut iklan siluman/iklan banci, karena iklan jenis ini sangat mengganggu, dimana ketika kita akan mengklik sesuatu  yang muncul malah jendela baru yang berisi iklan, padahal kita ingin menuju ke suatu halaman di blog/website tersebut. Sebagai pengunjung saya sangat membenci jika masuk ke blog yang menjadi publisher jenis iklan ini. Secara user experience hal ini tentu saja sangat fatal, karena pengunjung merasa diohongi, atau di curangi, karena tidak semua orang merasa baik-baik saja ketika dia mengklik iklan yang tidak terlihat, apalagi ketika pengunjung ingin menjelajahi website/blog anda. Saya pribadi akan langsung mengaktifkan adblocker atau menutup halaman website atau blog yang memasang iklan siluman/iklan banci seperti itu, Percuma anda memiliki informasi bagus namun dipenuhi dengan sampah.


Demikianlah sedikit informasi tentang pemasangan iklan yang baik dari segi user experience, saya tidak melarang atau menyalahkan bloger yang menggunakan PopAds maupun PopCash, kalau memang orientasinya agar cepat menghasilkan uang dari blog, mungkin hal tersebut masuk akal, tapi bila kita ingin menjaga loyalitas pengunjung sebaiknya perlu kita pertimbangkan lagi penggunaan iklan siluman/iklan banci. "Be Wise and Be Smart"

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Pemasangan Iklan Dapat Mempengaruhi User Experience Pada Blog / Website Anda"

  1. benar banget, pernah liat blog yng isinya iklan semua smpe bingung mau baca artikelnya

    ReplyDelete
  2. betul gan, paling sebel kalo nemu blog yg isi nya iklan semua

    ReplyDelete
  3. trik yang bagus bang... ane baru tahu kalau iklan juga dapat berpengaruh...

    ReplyDelete
  4. setuju banget gan., kadang sebel ama website yang iklannya maksa banget...

    ReplyDelete
  5. iklan siluman atau iklan banci? Saya setuju istilah tersebut. Bikin sebel saja.... Mending kalau tulisannya bagus, sudah copas, ngaco lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau saya pribadi sih merasa dibohongin banget!! saya gak niat ngeklik iklan, eh malah tiba2 ke klik ketika saya mau menjelajahi blog tersebut..

      Delete
  6. Yang lebih menyebalkan lagi: Saya tidak pernah pasang iklan di blog, tapi pas temen saya buka blog saya di komputernya, muncul iklan. Iklannya sih di bagian bawah - tapi saya tetap bete. Saya bilang ke teman saya kalau komputernya pasti bervirus, temen saya malah jadi sebel dengan saya. Halah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yah yang penting gak menutupi konten sih gak masalah.

      Delete

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL