Sejarah dan Fakta Tentang Joker Karakter Penjahat Favorit DC Comics

Sejarah dan Fakta Tentang Joker

Siapa yang tidak mengenal Joker. Yah salah satu karakter antagonis yang dibuat oleh DC Comics, yang kemudian menjadi penjahat paling dicintai oleh penggila komik maupun film. Dalam artikel kali ini kita akan membahas Sejarah dan Fakta Tentang Joker.

Karakter penjahat ini pertama kali muncul di komik batman edisi ke 25 pada bulan april tahun 1940. Sejak saat itu joker menjadi salah satu karakter paling populer dari seluruh karakter yang dibuat  DC Comics. Karakter Joker diciptakan oleh Kane Robinson, Bob Kane dan Bill Finger sebagai musuh bebuyutan Batman.

Joker digambarkan sebagai seorang psikopat dengan selera humor yang sadis, bahkan sampai bisa membunuh. Pada tahun 1950 karakter joker berubah total menjadi karakter yang lebih lucu dan konyol, sebagai tanggapan atas peraturan yang dibuat oleh Comics Code Authority (CCA), namun pada awal tahun 1970 joker kembali menjadi karakter dengan sisi kejahatan tergelap.

Joker sendiri diceritakan merupakan seseorang yang menjadi korban oleh limbah kimia, yang menyebabkan kulitnya menjadi putih, rambut berubah menjadi hijau, serta bibir yang memerah. Selain itu efek samping psikologi terpapar cairan kimia menyebabkan joker menjadi gila dan bengis.

Bagi sebagian kritikus film, Joker dianggap musuh yang sempurna bagi batman, karena joker merupakan antitesis dari sifat dan perawakan batman. Bayangkan batman yang cool dan pendiam harus berhadapan dengan musuh yang selalu riang namun sadis juga tidak mengenal rasa takut.

Ketika Batman dibuat menjadi film, secara otomatis menyeret musuh abadinya juga untuk terlibat dalam film. Maka Tidak kalah menarik jika kita juga membahas tentang pemeran Joker dari masa ke masa.

  • Cesar Romero

    Cesar Romero adalah pemeran joker pada serial TV batman pada tahun 1966-1968, juga film layar lebar batman pada tahun 1966. Cesar Romero terkenal memerankan Joker karena tawa jahat yang khas juga humor yang kerap dilontarkan.

    Namun sangat disayangkan, karena tidak mau mencukur kumisnya, peran Cesar Romero terlihat tidak totalitas dan serius, karena lebih terkesan seperti badut.

  • Jack Nicholson

    Seorang aktor senior, yang tiga kali memenangkan Academy Awards serta tujuh kali memenangkan penghargaan Golden Globe. Dalam film Batman ini, karakter Joker yang diperankan Nicholson digambarkan sebagai seorang gangster yang narsis bernama Jack Napier, yang kemudian terjatuh dalam cairan kimia ketika sedang bertarung dengan Batman. Jack kemudian menjalani operasi wajah, namun bukannya sembuh wajahnya malah bertambah parah, hal ini membuatnya sangat dendam kemudian mengejar-ngejar Batman.

    Kutipan terkenal Joker yang diperankan Nicholson adalah "If you gotta go, go with a smile".
    Namun Jack Nicholson sempat membuat kontroversi yaitu kritikan yang diberikan kepada pemeran Joker selanjutnya yaitu Hedge Ledger, dengan mengatakan peran joker Ledger tidak sesukses peran nya.

  • Heath Ledger

    Aktor dengan nama asli Heath Andrew Ledger ini memulai karir sebagai aktor pertelevisian dan film di Australia. Ledger pindah ke Amerika yang kemudian sukses meningkatkan karir nya dengan membintangi beberapa film antara lain,10 Things I Hate about sampai The Imaginarium of Doctor Parnassus.
    Karakter Joker yang diperankan Ledger pada film Batman The Dark Knight, sangat sukses, karena ledger berhasil membangun peran yang realistis dan lebih mengerikan. Jika pada film-film sebelumnya Joker digambarkan sebagai penjahat yang konyol, pada film The Dark Knight, joker diperankan sebagai psikopat yang kejam dan tidak segan untuk melakukan pembunuhan masal.

    Berkat perannya sebagai Joker, Ledger memperoleh beberapa penghargaan internasional, salah satunya adalah  Best Supporting Actor Academy Award. Sayangnya kesuksesan Ledger tidak berlangsung lama, setelah pada tahun 2008 ledger meninggal dunia.

  • Jared Leto


Vocalis 30 Second to Mars ini memerankan karakter Joker dalam film terbaru DC Comics yang berjudul Suicide Squad pada tahun 2016. 
Itulah beberapa sejarah dan fakta tentang Joker, juga beberapa pemerannya dari masa ke masa. Menurut kalian, siapa pemeran Joker terbaik??

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Sejarah dan Fakta Tentang Joker Karakter Penjahat Favorit DC Comics"

  1. Yang akrab diteliinga saya yang nomer dua mas Jack Nicholson saya suka totalitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, mantap.. emang dia senior sih.. tapi Heath Ledger jg gak kalah keren.. tp yg bikin penasaran yg terakhir juga jared leto. Belum sempat ke bioskop nih, penasaran sama suicide squad.

      Delete
  2. Dalam film batman saya lebih suka jokernya dari pada batmannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari semua superhero ane juga kurang suka batman, entah kenapa. haha

      Delete
  3. Duh sayang banget heath ledgernya meninggal padahal aktingnya keren tuh kang saya suka sama aktingnya karena penghayatannya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro, saya juga paling suka Heath Ledger... perannya dapat banget, jokernya kelihatan psiko abis...

      Delete
  4. wah ini orang jahat paling gila di flim betmen..ane baru tau ada sejarah om joker tnk gan atas informasinya

    ReplyDelete
  5. paling suka sama heath ledger.. pertama kali liat dia serem banget tapi keren dapet bgt karakter dari si joker itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, psiko abis.... tp penasaran jaret leto juga nih. Belum sempat ke bioskop nonton suicide squad.. heheh nanti kalau udah nonton baru di review.

      Delete
  6. ane paling aktik jack Nicholson

    ReplyDelete
  7. Penasaran sama yang terakir, belum tahu aktingnya kayak apa? Filmnya masih mengisahkan tentang super hero badman kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih bukan, belum sempat2 nih nonton suicide squad di bioskop.. haha

      Delete
  8. Paling suka joker yg di the dark knight trilogy top emang, why you so serious? :v

    ReplyDelete

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL