Tips Mengatur Jadwal Kerja Sebagai Freelancer

Tips Mengatur Jadwal Kerja Sebagai Freelancer




Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang freelancer yaitu seseorang profesional yang bekerja sendiri, dan tidak berkomitmen kepada sebuah perusahaan atau majikan. Profesi freelancer saat ini sudah mulai populer di Indonesia. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat semakin berkembangnya industri kreatif di tanah air, juga semakin banyak tenaga profesional yang mempunyai skill yang sangat baik. Sebagai seorang freelancer bukan berarti kita bekerja semaunya, tapi kita tetap harus mengatur jadwal kerja dengan baik.


  • Menentukan Jam Kerja

Sebagai seorang freelancer kita harus tetap memiliki jadwal kerja pribadi. Saya sendiri menerapkan jam kerja menggunakan jam kerja kantor pada umumnya, yaitu mulai puku 08.30 - 16.30. Sebagai freelance kita perlu menerapkan jadwal kerja agar bisa menentukan berapa lama sebuah project bisa kita kerjakan. Saya sendiri sebagai freelance grafis desainer, kebetulan menerapkan tarif berdasarkan hourly rate. Otomatis saya membutuhkan jadwal kerja, agar bisa memberi kepastian kepada klien, berapa lama project dapat saya selesaikan, sekaligus untuk mempermudah dalam menentukan tarif.

  • Konsisten Dengan Waktu Kerja

Setelah kita menentukan jadwal kerja kita, pastikan kita juga konsisten dalam penerapannya. Sebagai contoh, berdasarkan jadwal kerja yang sudah kita buat sebelumnya, maka kita memiliki durasi 8 jam untuk bekerja dalam sehari. Pastikan apapun yang terjadi kita tetap konsisten dengan durasi 8 jam tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan apabila pada suatu waktu kita harus melakukan sesuatu yang lain di saat jadwal kerja yang sudah kita buat, misalnya bertemu klien, menjemput anak, dll. Kita harus berkomitmen untuk mengganti waktu yang terpakai tersebut.

  • Tentukan Hari Libur

Banyak orang yang menganggap freelance tidak membutuhkan waktu libur, karena selalu berada di rumah. Tapi faktanya freelance sering kali bekerja dua kali lebih berat dibanding pekerja kantoran. Seringkali kita tanpa sadar melupakan jadwal kerja yang kita buat. Tidak jarang kita sampai begadang. Saya sering mengalami hal ini, seringkali bukan karena deadline yang semakin sempit, tapi karena saya penasaran ingin segera mengetahui hasil akhir suatu proyek, sampai-sampai tidak sadar saya sudah melewatkan waktu kerja yang saya tetapkan sendiri. 
Nah sebab itu sebaiknya kita tentukan sendiri hari libur dimana kita sama sekali melupakan pekerjaan kita dan fokus terhadap keluarga, maupun hobi kita. Keuntungan kita sebagai freelance, kita bisa sewaktu-waktu mengganti jadwal libur kita, misalnya biasanya kita libur di hari minggu, tapi berhubung besok pacar, istri, atau orang tua kita akan ber-ulang tahun, kita bisa mengambil libur besok untuk menyiapkan kejutan, atau apapun bagi orang yang kita sayangi.


Nah itu tadi adalah beberapa tips mengatur jadwal kerja kita sebagai seorang freelancer. Semoga sukses buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Mengatur Jadwal Kerja Sebagai Freelancer"

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL