4 Modal Penting Bagi Freelance Agar Sukses



Setiap usaha yang dilakukan oleh manusia membutuhkan modal, apapun jenisnya baik fisik maupun non fisik. Mari kita realistis, tidak ada sesuatu yang bisa dimulai tanpa modal.
Dalam beberapa kesempatan, saya sering menghadiri seminar bisnis, dengan berbagai pembicara. Namun, sering juga saya meninggalkan ruangan seminar beberapa menit setelah pembicara memulai sesi nya. Yang menyebabkan saya meninggalkan seminar, bukan karena saya tidak suka kepada si pembicara, tapi saya tidak suka omong kosong yang dibicarakan nya. Saya meninggalkan ruangan seminar ketika dalam beberapa kalimat awal si pembicara mengucapkan kata-kata "Bisnis Tanpa Modal" atau "Siapa bilang bisnis harus punya modal?", saya rasa itu  tidak realistis.

Baiklah, mari kita kembali ke artikel kali ini tentang modal penting bagi freelance, apa saja yang harus disiapkan oleh seorang freelance dalam memulai bisnisnya?

  1. Uang
    Uang adalah sesuatu mutlak yang harus dimiliki untuk memulai suatu usaha. Tapi yang terpenting adalah bukan berapa banyaknya, tapi bagaimana memanfaatkan nya. Tidak perlu anda menunggu memiliki modal sekian juta untuk memulai usaha.
    Contohnya, anda ingin memulai usaha menjadi profesional blogger, tapi anda tidak memiliki laptop dan internet di rumah, akan tetapi anda memiliki uang 10 ribu rupiah.  Jadikanlah 10 Ribu tersebut modal anda memulai usaha, carilah warnet, buatlah akun blog, dan mulailah menulis. jadi uang10 ribu tadi adalah modal. Ketika anda menunggu memiliki modal untuk membeli laptop dan mampu membayar tagihan internet bulanan anda, maka anda akan terlambat menjadi blogger profesional, bahkan mungkin tidak pernah menjadi blogger profesional.
    Jadi silahkan tentukan sendiri dan maksimalkan penggunaan uang anda untuk memulai usaha freelance anda. Jangan menunggu uang anda cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha anda, tapi maksimalkan dulu yang ada, setidaknya anda sudah memulai.

  2. Waktu
    Modal penting bagi freelance yang berikutnya adalah waktu. Dalam kehidupan, waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita kontrol, akan tetapi dapat kita manfaatkan se-efisien mungkin.
    Waktu menjadi salah satu modal utama menurut saya. Karena sukses tidaknya usaha seseorang tergantung bagaimana memanajemen waktu yang dimiliki.
    Seringkali banyak orang yang berpikir freelance kerjanya santai, dan tidak dikejar-kejar waktu. Jangan salah, freelance seringkali malah kekurangan waktu dalam usaha menyelesaikan proyek-proyek yang di miliki. Pastikan anda memanajemen waktu yang anda miliki sebaik mungkin.

  3. Tenaga
    Tenaga termasuk dalam salah satu modal penting bagi freelance, karena sebagai seorang freelance seringkali kita memerlukan energi ekstra apabila sewaktu-waktu klien merubah jadwal deadline, atau klien menambah porsi pekerjaan di saat project sudah dikerjakan.
    Lembur adalah suatu yang biasa bagi seorang freelance, jadi pastikan anda menyiapkan tenaga sebaik mungkin untuk kesuksesan usaha anda.

  4. Pikiran
    Nah yang terakhir ini seringkali diabaikan oleh beberapa teman freelance. Banyak dari kita khususnya orang Indonesia masih menganggap pekerjaan yang melibatkan fisik yang harus dibayar mahal. Padahal menurut saya Konsep lah yang harus diberi nilai lebih. Tentu saja untuk mendapatkan konsep dibutuhkan kemampuan untuk berpikir kreatif bukan? Konsep menentukan sukses tidaknya sebuah project di selesaikan.
    Untuk bisa terus melakukan proses berpikir kreatif, kita juga harus memiliki waktu untuk berlibur dan beristirahat. 

Demikianlah beberapa modal penting untuk memulai usaha freelance anda, jangan tunggu anda memiliki modal, pastikan anda memaksimalkan yang anda sudah miliki saat ini, dan mulailah usaha freelance anda.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "4 Modal Penting Bagi Freelance Agar Sukses"

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL